CARA MEMILIH GITAR AKUSTIK YANG BAIK

Hai sobat disini saya akan memberikan penjelasan cara memilih gitar akustik yang baik. Karena akustik menjadi pilihan bagi banyak orang maka kita perlu mengetahui beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam gitar akustik. Harga yang ditawarkan juga berbeda, dan jenisnya pun beragam. oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui cara memilih gitar akustik yang baik.

  1.  Bahan
    Perhatikan bahan kayu yang digunakan gitar akustik tersebut. Ada beberapa jenis kayu yang sering dipakai dalam pembuatan gitar akustik seperti mahoganysprucerosewood, nato dan lain-lain. Penulis menyarankan jenis kayu rosewood dan spruce yang digunakan pada gitar akustik karena mempunyai suara akustik yang baik dalam hal volume suara yang keras, natural dan jernih.
  2. Neck/batang
    Neck atau batang adalah salah satu bagian penting pada semua jenis gitar. Perhatikan batang/neck gitar apakah sudah terlihat lurus dan sejajar, dengan cara memincingkan mata pada salah satu ujung batang gitar. Ada satu hal lagi yang penting, batang yang baik harus mempunyai treshold yang diisi batang besi sehingga batang akan senantiasa kokoh atau tidak mudah melenting. bagian ini bisa rusak /bisa bengkok dan karena itu hati – hati dengan bahan kayu yang di gunakan.di bawah ini ada gambar tentang neck 
  3. Fret
    Untuk pemilihan jumlah fret biasanya ditentukan oleh tipe gitar akustik yang kita inginkan. Seperti yang kita tahu jumlah fret yang dimiliki gitar akustik nylon/classic pada umumnya lebih sedikit sekitar 19 fret, sedangkan gitar akustik yang menggunakan senar string/steel mempunyai jumlah fret lebih banyak daripada gitar nylon sekitar 22 fret. Periksa seluruh fret pada gitar akustik yang akan kita beli apakah seluruh fret berfungsi dengan baik, karena pada gitar akustik ataupun elektrik jika ada salah satu fret yang tidak berfungsi (dua fret mempunyai bunyi nada yang sama) berarti gitar itu  sumbang atau fals .                                                              
  4. Tuning                                                                                                                           Tuning yang bagus adalah tidak terdapatnya sambungan jadi biar lebih jelas lihat gambar ini
  5. Nut
    Mari beralih ke Nut. Nut yang bagus yaitu berurutan dari yang paling atas Besar dan semakin menurun hingga jarak tersebut semakin mengecil hingga ke body gitar tersebut. Bahan yang tepat untuk Nut adalah Tembaga agar tidak mudah terkikis walaupun Sering dimainkan terus menerus                                                                                                                                                                                                                                                                                        
  6. Sound hole                                                                                                                       Mungkin Kebanyakan orang di dunia ini masih banyak yang mengira bahwa Sound Hole Gitar selalu berbentuk Bulat, padahal sekarang sudah banyak variasi bentuk2 Sound Hole yng Unik-unik. Yang penting Sound Hole tidak menghasilkan Suara gitar yang melengkung atau pelan.
  7. Saddel
     Ciri-ciri sadel gitar yang dijamin bakal membuat pemakianya enak dan nyaman tapi kualitas bagus adalah sedelnya rendah.
       Saddel yang rendah akan nyaman digunakan pengguna untuk bermain gitar karena tangan pengguna akan mudah dalam menekan senar-senar dan tidak terlalu sakit. Sebab, peddal gitar yang rendah membuat tinggi antara senar gitar dari nut gitar semakin dekat. sedangkan, pedal yang tinggi akan membuat jarak antara senar dengan nut semakin jauh sehinga membuat tangan kita cepat sakit karena perlu menekan lebih keras untuk menghasilkan nada yang merdu.
     
     
     
     
     

Leave a comment